Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

shares

Tahun 2016 dan 2017 adalah tahunnya marketplace untuk masalah penjualan online. Salah satu pemain besar di indonesia adalah Tokopedia. Mau tidak mau para penjual online berlomba-lomba mencari strategi bagaimana Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia. Karena sesuai tagline dari tokopedia "Yang Jual Banyak", sehingga memenangkan persaingan di tokopedia bisa di bilang tidak mudah.


Oke, sesuai permasalahan di atas, kami ingin berbagi tips dan trik berjualan di tokopedia agar penjualan anda meningkat. Dengan menginkatkan interaksi dan penjualan, tentunya akan menambah income dan reputasi anda. Berikut adalah caranya.

Tips Meningkatkan Penjualan di Tokopedia


1. Optimalisasi Di Judul Produk

Maksud dari optimalisasi judul adalah meningkatkan kualitas dari judul produk yang kita jual. Dengan melakukan optimasi ini akan menjadikan produk kita muncul ketika pembeli mengetikan kata kunci pada kolom pencarian.
Misalnya, anda menjual produk Jilbab Segiempat. Nah, di judul produk anda harus menyelipkan kata "Jilbab Segiempat".
Contoh yang benar: Jilbab Segiempat Shabby Chic Pink Katun Jepang Asli
Contoh Salah: Jilbab Shabby Chic Pink Katun Jepang Asli

2. Gunakan Kolom deskripsi produk secara maksimal.

Pembeli biasanya lebih tertarik dengan produkyang memiliki deskripsi yang panjang. Hal ini tentu berkaitan dengan segi informatif dari barang yang di jual. Harus kita ingat, bahwa kita menjual produk secara online, jadi si calon buyer tidak bisa melihat secara langsung barang yang ingin dia beli. untuk itu peran deskripsi/penjelasan mengenai produk akan sangat krusial.


3. Gunakan gambar lebih dari satu.

Walaupun terlihat sepele, namun hal ini bisa menjadi ujung tombak juga lho.. Dengan memasang gambar lebih dari satu, pembeli akan mendapat gambaran mengenai produk anda dari beberapa sudut/sisi.
Untuk tokopedia, menyediakan kolom untuk memasukan gambar sekitar 5 buah. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan penjualan anda di tokopedia.

4. Rajin melakukan 'Dink It' setiap jam.

Dengan melakukan promosi/dink-it minimal sejam sekali tentu akan sangat berpengaruh dalam listing tokopedia. Produk anda akan naik ke halaman pertama/listing terbaru setelah di 'dink-it', dengan demikian tidak tenggelam di halaman-halaman yang dalam.

5. Fast Respon dalam menjawab pesan/diskusi produk

Agar diskusi produk atau pesan dari buyer di tokopedia bisa anda respon dengan cepat adalah dengan menginstal aplikasi tokopedia untuk smartphone. Zaman sekarang, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan smartphone, baik berbasis android maupun iOS. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, kita harus stay di depan laptop atau komputer untuk bisa merespon pesan dari calon pembeli.


6. Menjaga Feedback/Ulasan dari pembeli

Setelah selesai transaksi, biasanya pembeli akan memberikan feedback atau ulasan terhadap produk yang mereka beli. Feedback nya berupa Bintang 1 sampai 5. Semakin banyak bintang, akan semakin bagus.  Selain itu feedback juga berupa ulasan singkat dari pembeli mengenai barang tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai penjual harus bisa menjaga tingkat kepuasan pembeli agar ulasan dari mereka selalu positif. Hal ini akan memberikan nilai lebih pada toko anda di mata calon pembeli lain.

Bagaimana caranya? ada banyak sekali yang bisa dilakukan, misalnya:
1. Cepat tanggap terhadap pertanyaan buyer
2. Ketika order masuk, jangan menunda pengiriman. kalau bisa hari itu juga agar si pembeli memberikan ulasan bahwa toko kita cepat dalam delivery
3. Menjaga kata-kata kita agar tetap sopan terhadap pembeli. Contoh kecil saja di kehidupan sehari-hari. Kita cenderung malas membeli barang di sebuah toko jika pelayannya ketus.


==========


Uraian diatas adalah tips utama cara jualan di tokopedia agar laris manis. Hal tersebut berlaku untuk yang memiliki stok barang atau juga reseller. Karena pada dasarnya sama saja. Selain itu ada beberapa checklist lain yang bisa anda gunakan. diantaranya:
1. Memanfaatkan fitur GOLD MERCHANT
2. Menggunakan Profile Pict berupa logo yang menarik
3. Menuliskan deskripsi toko yang menarik
4. Menggunakan banyak pilihan ekspedisi pengiriman
5. Menata etalase se-rapi mungkin


Bagi anda yang sudah memiliki toko di tokopedia, mungkin bisa membantu anda meng-optimalisasi penjualannya. Dan bagi yang mencari-cari peluang usaha bisnis online, jang tunggu lama-lama, segera melirik tokopedia sebagai alternatif bisnis yang menjanjikan. Apabila masih terkendala dengan modal usaha, jangan khawatir, anda bisa merintis dulu sebagai dropshipper atau reseller.
Jangan salah loh, banyak sekali yang sudah bisa sukses hanya sebagai dropshipper/reseller. Bahkan penjualan nya ada yang melebihi supplier-nya.

Banyak yang ingin kami share mengenai tips berjualan di marketplace. Mungkin di lain waktu akan kami posting. Itulah cara meningkatkan penjualan di tokopedia versi gosmuu.net

Related Posts

0 comments: