Mengenal Jenis-Jenis dan Fungsi Drone

shares

Drone merupakan pesawat tanpa awak (penumpang) yang bisa dikendalikan oleh remot kontrol dari jarak dekat maupun jauh. Dulu sebelum drone booming di pasaran orang-orang lebih mengenal drone sebagai alat militer untuk memata-matai musuh di daerah rawan konflik dan juga bisa sebagai senjata udara yang tak terlihat biasa disebut (pesawat siluman). Tetapi seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat akan drone, drone non militer pun sudah dikomersialisasilan dan menjadi hobi baru bagi kalangan yang suka tentang dirgantara, dengan para pengguna yang sangat beragam mulai dari penggemar fotografi, acara tv dan lain-lain.



Banyak pada masa kini penggunaan drone di Indonesia sudah sangat banyak mulai dari acara tv, festival maupun acara-acara musik. Walaupun dengan harga yang tidak murah sudah banyak toko-toko yang menjual drone yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bagi kalangan photographer, videographer profesional terutama yang mencintai dan suka travelling di tempat-tempat baru dan pastinya sulit dijangkau untuk pengambilan gambar, drone sangat membantu anda dalam mempermudah penyaluran hobi anda.


Fungsi Drone : 

Drone biasa disebut pesawat tanpa awak, dioperasikan dengan remot kontrol oleh sang pemiik dengan kisaran jangkau jarak yang cukup jauh. diluar kegiatan non militer, Drone juga mulai dikembangkan untuk kegiatan di kampus, sekolah bahkan dikalangan umum dan juga beberapa misi kemanusiaan, seperti misi pencarian,penyelamatan dan penyaluran bantuan bencana di daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan darat. Biasanya drone yang di daerah terpencil itu lebih sering digunakan untuk pemetaan lahan hutan, pemantauan jika terjadi titik api ataupun jika digunakan di pos pemantauan gunung api juga bisa saat ingin mengetahui aktivitas-aktivitas gunung api.


  1. Jurnalistik : Pengambilan Video, Foto dan data-data yang dibutukan.
  2. Militer : memantau musuh, sebagai senjata tersembunyi, dan kamera pengintai.
  3. Kemanusiaan : membawa beban berat bantuan kebutuhan pokok untuk para pengungsi
  4. Bisa juga untuk pemanfaatan wifi bergerak.
  5. Media : Traveling,Olahraga,Festival,Acara Musik dll
  6. Sekolah : Foto Angkatan Sekolah dan wave huruf yang biasa diambil dari atas menggunakan Drone.
  7. Pemantaun aktivitas gunung berapi, pemantauan lahan hutan dll


Jenis Drone : 

Jenis Drone ada dua (berdasarkan baling-baling)

1. Fix Wing Drone (Tunggal)

Drone jenis ini biasa berbentuk seperti pesawat tebang komersial dan biasa digunakan untuk proses yang cepat dan tentunya dengan daya jelajah yang luas. Biasanya untuk pemetaan wilayah (Mapping) dan konsepnya seperti Scanning. Drone jenis ini memiliki energi yang sangat iri untuk bataerai dikarenakan menggunakan single baling-baling.
Berikut illustrasi gambarnya :




2. Multi Copter Drone 

Untuk anda yang ingin membuat video dari atas yang bagus sangat cocok menggunakan drone yang multicopter dikarenakan lebih stabil dan daya angkut lebih kuat untuk mengangkat beban kamera. Semakin banyak baling-baling yang digunakan semakin bagus dan stabil. Beberapa jumlah baling-baling :

Berikut Illustrasi gambarnya :

  • 3 Baling-baling (TriCopter)
  • 4 Baling-baling ( QuadCopter )
  • 6 Baling-baling ( HeksaCopter)
  • 8 Baling-baling ( OktaCopter)

Dengan mengetahui jenisnya maupun fungsinya anda bisa memilih drone sesuai kebutuhan dan tidak salah membeli walaupun hanya sekedar hobi dan tentunya sesuai kantong anda :D
Demikian “jenis-jenis dan fungdi drone” yang saya buat dan rangkum dari beberapa sumber. Maaf bila ada kesalahan kata dan kekurangan kata hehehe. Terimakasih banyak :D

Related Posts

0 comments: