Mengenal Beragam Jenis Pondasi Rumah

shares

Mengenal Beragam Jenis Pondasi Rumah – Untuk membangun rumah yang kokoh diperlukan sebuah pondasi yang kuat. Pondasi rumah merupakan unsur yang paling penting dalam struktur rumah dimana pondasi berfungsi untuk menahan bagunan baik rumah minimalis, rumah sederhana, rumah mewah hingga bangunan bertingkat tentu membutuhkan sebuah pondasi sebagai kekuatan utama penyangga rumah. Banyak orang yang kurang memperhatikan cara membuat pondasi yang benar sehingga sering kita jumpai bangunan baru yang belum lama dibuat tapi sudah rapuh dan hampir roboh.



Secara umum, ada beberapa jenis pondasi yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal. Pondasi dalam ini biasanya digunakan untuk membuat bangunan besar dan tinggi seperti apartemen, hotel dan bangunan bertingkat lainnya sedangkan pondasi dangkal biasa digunakan pada rumah tipe 1 lantai, kios, dan bangunan lain yang tidak membutuhkan banyak material. Jenis pondasi dangkal ini mencakup beberapa kategori terutama dari segi bahan yaitu ada yang menggunakan Pondasi Rollag (bata), Pondasi Tiang (Plate Kaki), Pondasi Terucuk Bamboo, Pondasi Batu Masonry dan Cakar Ayam Fondation.


Tips Membuat Struktur Pondasi Dengan Hasil Terbaik

Struktur pondasi yang baik membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang melalui tahap-tahap tertentu sehingga pondasi bisa dikatakan kuat. Tips membuat pondasi yang pertama yaitu kita harus memastikan bagaimana kondisi tanah yang akan dibuat pondasi apakah baik atau tidak. Jika terdapat partikel yang kurang baik pada tanah, maka perlu dilakukan perbaikan struktur tanah agar pondasi dapat dibuat secara maksimal.



Tips yang kedua, rencanakan terlebih dahulu dan pastikan tidak ada kesalahan dalam pembuatan pondasi sehingga nantinya tidak ada acara pembongkaran pondasi sehingga tidak ada pembengkakan biaya tak terduga dan tips ketiga anda harus menyesuaikan jenis pondasi dengan struktur bangunan yang akan anda buat.




Dalam membuat sebuah pondasi sebaiknya gunakan bahan yang berkualitas baik karena bahan sangat mempengahuhi pada kekuatan dan ketahanan pondasi rumah nantinya. Untuk itulah kita harus lebih selektif lagi dalam memilih pasir, semen, besi dan bahan lain yang dibutuhkan.

Related Posts

0 comments: