Tips menciptakan lagu bagus

shares


Pada kesempatan ini izinkan saya untuk membagi pengalaman saya dalam menciptakan lagu. Awalnya, aya sama sekali gak kepikiran bisa membuat lagu, saya hanya ingin bisa bermain gitar. Tidak pernah terbayangkan bisa membuat lagu dan menyanyikannya bersama sebuah band. Lama-lama ko rasanya bosan juga ya, menyanyikan lagu orang lain terus. Entah bagimana prosesnya, yang jelas saya langsung berpikir untuk membuat lagu.
Saya pertama kali menciptakan lagu ketika itu kira-kira ketika saya duduk(dan berdiri) di kelas 2 SMP di kampung nun jauh disana.
Baiklah, tidak usah terlalu panjang berbicara mengenai sejarah. Lebih baik kita fokus ke topik posting kali ini yaitu tips dalam menciptakan sebuah lagu. Perlu diingat, tips ini merupakan cara saya. Setiap orang mungkin berbeda. Saya dan Glenn Fredly mungkin berbeda dalam menciptakan sebuah lagu.

Mau mahir bermain gitar dalam 7 hari? klik >> disini 

1. Bagi saya senjata utama dalam menciptakan lagu adalah mood. Bagaimanapun keinginan saya untuk menciptakan lagu, jika mood sedang jelek, maka akan susah membuat lagu yang bagus. Jangankan menciptakan lagu bagus, membuat satu lagu utuh pun belum tentu bisa dilakukan jika mood kita sedang jelek. Namun hal ini sering saya akali agar mood ini datang dengan sendirinya. Agar mood kita baik bisa kita lakukan dengan memikirkan hal-hal menyenangkan ataupun hal-hal menyedihkan. Atau mood juga bisa muncul dengan menciptakan lagu ditempat-tempat yang tidak bisa, seperti menyendiri di atas atap rumah, di kamar orang lain, teras rumah yang lengang, kamar mandi, pantai, puncak gunung, menyendiri di tempat terbuka pada malam hari ketika langit cerah atau bisa juga ketika turun hujan. Pokonya tempat2 yang tidak bias deh.

2. Dalam menciptakan lagu, usahakan kita sendirian, tanpa ada gangguan dari siapapun agar kita bebas berekspresi tanpa malu-malu.

3. peralatan lain yang bisa melengkapi adalah, alat musik sebagai pengiring. Saya biasa menggunakan gitar

4. Alat perekam. Dulu waktu handphone masih merupakan barang mewah, menciptakan sebuah lagu perlu ingatan kuat. Tak jarang saya harus mengulang beberapa kali hingga hapal banget diluar kepala setiap bait lagu yang telah diciptakan. Tak jarang nada yang sudah tercipta hilang begitu saja karena lupa. mIsalkan kita menciptakannya malam hari sebelum tidur, keesokan pagi nya sudah lupa. Namun sekarang dengan kecanggihan handphone ini, dengan fasilitas perekam suara, kita bisa langsung merekam setiap bait lagu sehingga tidak perlu takut untuk lupa.

5. Alat tulis. Untuk mencatat lirik lagu ciptaan kita. Saya terkadang menciptakan lagu dengan menciptakan lirik terlebih dahulu, terkadang juga secara spontan mendendangkan kata2 bersama dengan nadanya, kemudian dicatat. terrkadang juga saya meminjam lirik orang lain atau puisi dan kemudian setelah jadi lagunya, tinggal diganti dengan lirik ciptaan kita sendiri. Pertama kali menciptakan lagu saya meminjam puisi dari chairil anwar.maklum masih awam dalam membuat puisi. hehehe

6. Menentukan jenis musik dan irama serta lagu orang lain sebagai acuan. Namun perlu diingat, ini hanya sebagai acuan. Jangan sampai melakukan plagiat. Kita harus menjaga originalitas lagu yang kita ciptakan. perlu diingat, jangan memaksakan agar lagu anda tersebut harus mirip dengan lagu orang lain. tetap jaga orisinalitas lagu anda. Jika anda menciptakan sesuai dengan jiwa anda, yakinlah lagu tersebut bisa bagus


7. jangan takut untuk mempublikasikan lagu yang telah kita ciptakan ke orang2 terdekat untuk mendapat penilaian orang lain terhadap lagu kita. Tetaplah percaya diri jika penilaian orang sekitar kita menganggap lagu kita kurang bagus karena setiap orang punya selera musik yang berbeda-beda. Atau anda juga bisa mempertimbangkan bagian2 tertentu untuk di aransemen ulang yang dianggap kurang enak menurut orang lain. tapi jika menurut anda itu sudah pas, tetap lah pada pendirian.

Related Posts

42 comments:

Anonim mengatakan...

Saya tidak begitu tertarik mencipta lagu...

terus maju mas...

yadikiswoyo mengatakan...

Cleopatra Stratan
Vcd tersebut berisi lagu :
1.ghita
2.Număr pân' la unu
3.Noapte bună
4.Zunea-Zunea
5.Va veni o zi-ntr-o zi
6.Elefantul ÅŸi furnica
7.Zuzu-zuzu
8.Cuţu
9.Te-am întâlnit
10.De ce?
11.Åžansa
12.Oare cât
13.Surprize

affanibnu mengatakan...

kata temen saya, genjrengan gitar saya kaya pengamen,, jadi males bikin lagu..:D

Unknown mengatakan...

Yaph!

beberapa dari yang di atas itu, saia lakukan

hehehe

Unknown mengatakan...

@kakve_santi
jangan salah..pengamen juga bnyak yg bisa bikin lagu bagus:)

@Shinichi
waah, ternyata suka bikin lagu juga ya..good luck

aalil Belajar SEO mengatakan...

mantaaabb... thanks tips nya, bikin otak cemerlang neh, masalah nya saya suka bikin lagu gt.. keep share

nadhare mengatakan...

Wah beneran nih idenya maknyuss...
klo lagi ndirian emang inspirasi datang ntah dari mana kadang2...
Meski kadang inspirasi lagu cuman masuk buat reff doank ha ha ha

Unknown mengatakan...

@nadhare
iya emg enak sih klo sendirian,,tapi ati2 mas klo sendirian..bukannya jadi bikin lagu, tp malah kesambet.hehehe..good luck

Sony Pandapotan mengatakan...

sekarang yang jadi masalah gimana membuat nada2 yang harmonis..... masalah teknis nya.... bukan cara dapetin mood nya.....hehehe

Unknown mengatakan...

@sony.

Itu tergantung kepekaan masing2 orang thd seni,mas.terutama jiwa musik:)

angga bzo mengatakan...

saya amat terharu dengan cara anda berbicara,tentang anda membuat lagu ato liric..
ok saya akan mencoba.
dan seperti yg anda katakan....
STAY TRUE WITH YOUR FAITH
tetap lah dengan keyakinan mu..

Unknown mengatakan...

Thanks to angga bzo :)

Suar A mengatakan...

bagus juga yah tips bikin lagu kamu,.keep rock u!!!

Unknown mengatakan...

tengkyu..

Angga Putra mengatakan...

terimakasih,
tulisan ini sangat membantu saya.

jika ada dari teman-teman semuanya yang ingin bertukar link dgn saya silahkan saja klik:http://blog3hari.co.cc

Indah Fadlina mengatakan...

jadi inget kalo dulu poernah bikin lagu 2x waktu smp n sma :)

Info Blog Andi mengatakan...

Wah.. Saya suka bikin lagu tpi buta nada.. Hahhaa^^, gmna dunx..???????

jimzz mengatakan...

thanks buat tipsnya..ini aku lebih terpacu lagi untuk menciptakan lagu-lagu yang dari hati saya, n harus percaya diri gitu loeee...wkwkwk

jimzz mengatakan...

wiii...luar biasa banget tipsnya..thanks ya bro..aku semakin terpacu lagi untuk menciptakan lagu2 yang lahir dari hati..[].

Unknown mengatakan...

@info blog andi: Lanjutkan om. jangan terhalang oleh 'kebutaan'..hehe

Kg mengatakan...

Sya udah bwt beberpa lgu, , , ,
tpi aq merasa instrumen musiknya kurang pas, , , ,
gmana cranya agar bza dpat lirik n musik yg paz. . . .
Sblumx trima kazi.. . . .

nofriandy42 mengatakan...

thanks ya atas tips nya.. saya juga suka ciptain lagu,, dan saya benr2 berbakat untuk menjdi pencipta lagu..dan saya bercita2 untk jadi pemain band. khususnya dibagian vocal...namun untk saat ne kyaknya saya blum bsa meraih ap yang kuimpikan tu,,, karna selain modal g ada,, dukungan pun g blum ada dri orang terdekat aku....q pengen punya banyk teman..lau mau jdi temn q..hub q di 085371007301...thx for all friend....

Ahmed Noer mengatakan...

kalau saya sih biasanya menciptakaan lagu mulai dulu buat nada-nadanya dulu .. cari na..nan..na..na..na..nya dulu ..pake gitar ..,, Terus kalau mau bikin lagu seneng ..ya harus dapat warna gembiranya .. Kalau lagu bertema kehilangan,patah hati,kerinduan yang memuncah dan sebagainya ..ya harus juga dapat aura sedihnya ...,, Oiya ..faktor utama adalah vokal/suara kita harus masuk dengan musik/kord-Nya ..

Thankzz,,yaa ..
http://www.noer-rema.blogspot.com

new_bhi mengatakan...

saya udh bisa nyiptain lgu,
tpi saya kurang bisa utk mengkomposisi lagu'y.

ada yg bisa???

nishashopp mengatakan...

mohon maaf jika coment ini dianggap spam, saya harapkan wblog anda lebih sukses lagi dan memberikan sesuatu manfaat bagi pembaca sekalian,.

terimakasih atas tips nya ane jadi lebih mengerti dengan musik, karena selama ini ane tidak pernah mengerti cara membuat aransemen musik atau menciptakan lagu,. padahal ane adalah seorang keyboardis
web ini menjadi inspirasi buat ane.

silahkan jalan jalan jg ke blog ane siapa tahu ada kritikan n masukan buat agan2 sekalian,.
n barangkali ada yang mau cari info bisnis
trims

Unknown mengatakan...

@nofriandy42: tetep semangat ya :D
@Kg: caranya mungkin, pake 'hati'. coba juga cari inspirasi dr lagu2 keren orang lain. tp sebaiknya jgn berpatokan ke lagu2 yg lg 'ngetrend' loh.

@new_bhi: wah, sip klo dah bisa nyiptain lagu :). nyiptain lagu gk semua orang bisa loh

@Online ku: Thanks atas doanya gan. semoga sukses juga :D

perakitan pc recording mengatakan...

saya juga mas seperta mas, malah udah ratusan lagu saya buat,, dari metal(melayu total) ampe lagu" screamo.. tp ya gitu lah mas kurangnya biaya bwt rekaman ndak ada paling jg ngerekam sendiri di laptop n makek visrtual" guitar n drum.. hha

semangat bro!!!

Bagus Sugiharto mengatakan...

infonya bermanfaat gan, tapi wa gak bisa bisa buat lagu,

:D

Unknown mengatakan...

itu gw banget .. cara seperti itu paling ampuh.. inspirasi itu ngga bisa di tebak datang nya kapan.. bagi saya mood pasti dlm mnciptakan lagu.. yang yg trpnting sunyi.. tmpatnya nyaman suara alat musik yG layak uNtuk di main kan.. gitu aja sih.. bagi kalian yG berjiwa musik.. selamat mencoba.. ciptakan karya trbaik mu ;)

Gaby Calisha Azzahra mengatakan...

sama nih mas saya juga suka nyiptain lagu berdasar pengalaman pribadi / org lain.

Kendalanyaaa kadang di beberapa bagian lagu, nadanya kok kayak pernah ada sebelumnya yaaa -- tapi bukan niru2....

Unknown mengatakan...

gampang teorinya,namun sulit dikerjakan,,hmmm...

Ardhi Febrianto mengatakan...

Membuat lagu yg keren dan bagus memanglah gampang" susah. memang harus di awali dengan sebuah sentuhan hati dan mood yg bener" enak. dan menciptakan musicnya jga harus disaat suasana yg benar" nyaman.

nah sekarang saya minta pendapat kalian para komentator atau pemilik blog ini tentang track lagu pertama band Saya ini. coba lihat dan dengarkan setelah Saya record bersama teman" band Saya.

ini lagunya:

http://youtu.be/TFR1nKvuMmY

dan ini facebook fanpage band kami:

https://www.facebook.com/pages/Imaggi-band

terima kasih atas komentar"nya nanti

Unknown mengatakan...

thanks ya mas bro atas sarannya, mungkin dgn baca artikel ini pengetahuannku lbih luas lg tentang gmna cara nyiptain lagu dgn benar...

Vidi Rosen mengatakan...

bro artikelnya bagus banget, saya post di www.bengkelmusik.com ya. Supaya teman teman di sana yang lagi belajar bikin lagu bisa terinspirasi lewat tulisan anda. Saya akan put source dan alamat anda supaya teman teman di sana bisa visit ke sini dan baca langsung di blog. Kita juga akan sangat happy kalau si bro bisa join di forum kita dan gabung dengan pecinta musik yang lainnya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

Unknown mengatakan...

Mksie...
Tips nya buat gue smkin ingn mncba mncptakan lgu...
Doa kan ya gan mudhan gue bsa...
:)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

numpang promosi lagu gue boz..
http://www.4shared.com/music/SVMtQazz/cukup-disini.html

Coba di denger mas broo...
Lagunya manteb koq.

ACE MAXS mengatakan...

mantap dah.. tipsnya

Unknown mengatakan...

coba di check beberapa lagu karangan saya d'sini..hhe
http://www.reverbnation.com/sandyrapz

Yunita Indra mengatakan...

Pas bnget, sangat membantu.. 8-)bb sipp lah pokonyah, makasih, ini mau bikin dulu mumpung mud bagus hhe

supripitan mengatakan...

thanks..

Unknown mengatakan...

Hmm, sedikit ribet juga yaa :)
Makasih sudah di share informasinya :)
http://goo.gl/ospcwa