Cara Mudah Melakukan Maintenance Pada Laptop Atau Komputer

shares

Cara Sangat Mudah Melakukan Maintenance Pada Laptop Atau Komputer

Maintenance? Haduh apa sih Maintenance itu?Itu kan buat orang yang ngerti komputer doang? Lha aku gak ngerti sama sekali tentang komputer, bisa nya pake program office doang. Pasti susah deh nge-maintenance komputer.Maintenance adalah kegiatan untuk merawat komputer atau pun laptop agar terhindar dari kerusakan.Berikut ini Cara Mudah Melakukan Maintenance Pada Laptop atau Komputer.Mudah kok tanpa mengeluarkan sepeser uang pun.

Maintenance pada Laptop/PC dibagi menjadi dua sebagai berikut:
1. Maintenance Hardware
2. Maintenance Software


1. Maintenance Hardware

Kalau maintenance di hardware sih gampang banget guys.Jaga performa dari hardware lebih mudah daripada software karena apa yang terjadi pada hardware tampak di depan mata. Tidak perlu membutuhkan bantuan software.Yang terpenting adalah menjaga kebersihan Laptop/PC dari debu.Inget, musuh utamanya adalah debu guys!

  • Jaga temperature sekitar. Jangan sampai laptop kalian di bawa ke padang pasir yang suhu udaranya tinggi buanget, atau kalian bawa ke kutub utara? Laptop/komputer kalian bukannya makin baik malah makin buruk saja .komputer/Laptop menghasilkan panas lo  ya bukan menyerap panas. So jangan salah presepsi guys.
  • Bersihkan keyboard dari debu. Kalo mau ekstrim bersihkannya bisa pake kompresor. Tapi aku nggak member garansi jika tuts keyboardnya akan terbang kemana-mana. Hahaha... jadi gunakan kuas saja cukup kalau bisa sediakan 2 ukuran kuas yang berbeda yang kecil dan yang sedang ya.
  • Jaga kebersihan display monitor. Kalau monitor Laptop/Komputer kotor dan lecek itu jorok dan nggak banget men.Gak HITZ lagi dong Inget! Kebersihan adalah sebagian dari iman!
  • Jauhkan Komputer/ Laptop kalian dari Asap! Asap pun juga dapat merusak sirkuit yang ada di dalam rangkaian elektrik. Apalagi asap yang dihasilkan oleh rokok. Itulah mengapa komputer di perkantoran kebanyakan lebih jarang terjadi kerusakan daripada komputer yang ada di warnet atau game center. Ditempat pekantoran yang laptop maupun komputernya sudah berusia lama-lama dan masih menggunakan Windows-Xp saja masih fine-fine saja.
  • Jika komputer mengalami suhu panas yang berlebihan  maka harus member kipas tambahan. Jika mau pakai blower juga boleh kok. Hehehe...kan keren.
  • Kabel! Kabel yang berserakan dan tidak tertata bisa menyebabkan korsleting loh sob. Kalo bisa tersusun dengan rapi. Kalaupun lumayan lama dan tidak di ungsihkan mending di kabel tis-in aja. Kabel tis cuman 500an rupiah kok.


2. Maintenance Software

Nah kalo maintenance yang satu ini cukup sulit sob terlihatnya. maintenance software ini nggak bisa tervisualisasi gitu saja. Jadi kalau kalian mau tau bagaimana PC/Laptop kita bermasalah di softwarenya maka harus langsung ngerasain gimana rasanya. dengan pemakaian. (jangan baper ya)

Biasanya ada software khusus untuk melakukan perawatan pada Laptop/Komputer sob. Tapi pada sistem bawaan dari komputer/laptopnya sendiri udah dikasih tools yang berguna untuk merawat Laptop/Komputer kita.

Ini saya beri cara praktisnya untuk merawat laptop maupun komputer kita. :


  • Maintenance disk (disk defragment dan disk cleaner). Disk defragment agar sistem mengatur file-file kita secara rapi,ringkas dan mandiri. Kita tidak perlu repot repot untuk merapikannya. hehe. Sedangkan cleaner berfungsi untuk membersihkan disk kita dari sampah metabolism sisa kinerja komputer/laptop. Hahaha...
  • Bersihkan Recycle Bin secara teratur. Aku biasanya ngebersihkan Recycle Bin 1 minggu sekali. Tapi kalau malas membersihkannya gampang kok kalau ngehapus file langsung saja pakai SHIFT+Delete. Secara otomatis file langsung terhapus dan tidak masuk ke Recycle Bin. Simple kan?
  • Rapikan File dengan kategori-kategori sesuai isinya biar kita tidak susah untuk mencarinya sob. Penghalang utama adalah saat kita sedang mendownload file. Biasanya sih di simpan di Local Disk(C) tuh. Nah menyiasati hal ini kita pindahin file-file pada folder download ke Local Disk(D) kita biar data kita aman. Jadi jika sewaktu-waktu bermasalah, kita masih memiliki backup an nya.
  • Update Windows dan Antivirus setiap bulan. Aku sangat merekomendasikan Update Windows dan untuk antivirus nya aku merekomendasikan menggunakan antivirus local ( Smadav ) dan antivirus luar Negeri ( Avast dkk).

Nah bila komputer atau laptop kita bekerja secara lambat.banyak hal yang menjadi penyebabnya :

  • Terlalu banyak program yang terinstall, pasti lah akan membuat kinerja komputer atau laptop kita berjalan lambat karena banyak program yang berjalan di background, 
  • Hard disk tidak pernah di defragment, hal ini membuat komputer kebingungan saat membaca isi hardisk dan hal itu membuat kinerja hardisk menjadi lambat, karena lokasi filenya tidak tertata rapi.
  • Sering install dan uninstall program, hal ini dapat menimbulkan terjadinya antrinya “sampah registry” yang cukup mengganggu kinerja komputer.
  • Terinfeksi adware atau spyware, ini juga selain membuat kinerja komputer menjadi lambat karena program” menyebalkan tersebut yang bekerja secara background, dan juga dapat melambatkan koneksi internet kita, karena program-program ini mengirimkan data data yang berada dalam komputer kita secara bertahap melalui internet, yang tidak lagi diketahui oleh kita tanpa ilmu dan program pendeteksi yang sangat baik.
  • Untuk cara mengatasinya, ada beberapa jalan alternative yaitudengan:
  • Upgrade RAM, anda harus memperhatikan type ram yang sama dengan komputer atau laptop anda. Dan kalau anda menggunakan komputer anda harus memperhatikan tempat ram pada motherboard. Usahakan upgrade nya 2x dari ram yang awal.
  • Defragment hardisk secara rutin, setidaknya 1 minggu sekali, lebih sering lebih baik menggunakan defragmenter, yang disediakan oleh windows (start >> all programs ¬lalu pilih accessories pilih system tools lalu pilih disk defragmenter
  • Untuk membersihkan sampah sampah registry yang mengganggu kinerja komputer, maka dengan menggunakan registry cleaner yang cukup baik,anda bisa menggunakan yang free sepertiGlarysoft Registry Repair , maupun yang mempunyai licensed seperti Tune Up Utilities.


Untuk memaintenance kinerja komputer,anda harus sering-sering melakukan defragment, melakukan pembersihan registry, antivirus yang berkualitas berfungsi untuk pengecekan virus, serta melakukan pengecekan adware dan spyware secara rutin!! Dijamin komputer maupun laptop anda mempunyai kinerja express walaupun berusia lebih dari satu tahun.

Related Posts

0 comments: