Mitos Buruk Mandi Malam, Justru Buat Bayi Mudah Tidur

shares

Mandi malam yang pastinya sudah Anda dengar mitosnya dapat mengakibatkan hal buruk yang terjadi pada tubuh seseorang, yang mana hal tersebut malah bisa memudahkan bagi Anda yang memiliki bayi untuk tidur dimalam harinya.
Rata-rata para orang tua tidak akan mau untuk memandikan bayinya apabila sudah larut malam, karena alasan dari efek buruk mandi malam seperti misalkan saja mandi malam bisa membuat bayi mereka menjadi sakit atau masuk angin. Tapi sebenarnya perlu Anda ketahui, bahwa mandi malam ini ternyata sangat baik sekali untuk memudahkan bayi tertidur di malam hari dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan  bayi yang menjadi sakit atau masuk angin.



Fakta menyebutkan bahwa menurut sebuah situs yang ada dan telah didukung oleh para dokter pada sebagian dokter di Eropa, mereka berpendapat bahwa mandi malam dengan menggunakan air hangat malah akan membuat bayi bisa merasa nyaman dan tenang sehingga bayi pun akan dengan mudah untuk tertidur nyenyak di malam harinya.

Baca Juga: Mengatasi anak/balita susah makan sayur

Suhu air yang harus anda gunakan untuk memandikan bayi di malam hari ini harus cukup hangat yaitu setidaknya 38 derajat Celcius, serta jangan lupa untuk memeriksa suhu air tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan tangan anda  sebelum menceburkan bayi anda untuk mandi di dalamnya. Setelah memandikan bayi dengan air hangat, pastikan juga ruangan yang anda perlukan untuk  mengganti baju bayi anda memiliki suhu yang cukup hangat sehingga bayi Anda tidak akan kedinginan nantinya.

Bayi  memang sangat membutuhkan yang namanya waktu tidur cukup serta berkualitas, yang mana hal tersebut dibutuhkan oleh bayi supaya bisa mendukung perkembangan fisik sang bayi atau juga menjaga kesehatan bayi anda. Jika bayi anda memiliki tidur yang berkualitas dan cukup, maka akan bisa memaksimalkan hormon pertumbuhan yang diproduksi. Saat bayi tertidur nyenyak maka bisa melindungi kerusakan pembuluh darah karena sirkulasi hormon stress, kemudian tidur juga bisa menghindarkan bayi supaya tidak mengalami kelebihan berat badan dan membantu sistem imun supaya bisa menangkal infeksi kuman.



Mengingat pentingnya kualitas tidur untuk bayi, maka Anda pastinya harus berusaha untuk memberikan kualitas tidur yang berkualitas untuk bayi anda. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memandikan bayi di malam hari dengan menggunakan air hangat tadi.
Sebelum bayi Anda tertidur, ada baiknya juga apabila anda melakukan sebuah rutinitas sebelum tidur karena bayi dan juga anak-anak memerlukan konsentrasi untuk aktivitas harian mereka dan rangkaian kegiatan yang anda lakukan menjelang tidur.

Bayi yang sering melakukan rutinitas sebelum tidur bersama ibunya, maka bisa mengatur pola pikir dan perasaan tenang dan juga perasaan nyaman. 

Beberapa rutinitas tidur yang bisa anda lakukan untuk bayi Anda yaitu mandi malam tadi dan bisa anda lakukan sekitar 06.30 malam sampai dengan 08.30 malam. Namun perlu Anda ingat bahwa anda hanya bisa memandikan bayi anda ketika usianya telah menginjak 3 bulan dan juga yang menjadi catatan adalah jangan memandikan bayi anda malam hari setiap hari dan cukup untuk melakukan mandi malam selama seminggu 3 kali saja, karena jika sering-sering mandi malam dikawatirkan akan bisa membuat kulit bayi menjadi kering.

Rutinitas lain yang bisa anda lakukan untuk bayi Anda sebelum tidur adalah pijatan ringan yang bisa mengungkapkan rasa sayang Anda pada sang bayi, serta membantu proses pencernaan, pengurangan rasa sakit dan memperbaiki sirkulasi serta meningkatkan berat badan bayi anda. Yang menjadi catatan lagi  adalah jangan memijat bayi saat belum makan atau baru selesai makan, karena bisa berpengaruh terhadap pencernaannya.
Cara lain yaitu Anda bisa membacakan cerita, bernyanyi lagu yang pelan, dan mellow atau juga memutar musik klasik.



Itulah informasi  mengenai mitos buruk "Mandi Malam Justru Buat Bayi Mudah Tidur". Semoga bermanfaat terima kasih.

Related Posts

0 comments: