Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

shares

Kelebihan berat badan merupakan masalah kesehatan yang tergolong global. Umumnya, pola makan serta gaya hidup yang modern menjadi penyebab utama terhadap peningkatan berat badan ini. Fasilitas yang serba mudah dan aktivitas yang tidak membutuhkan banyak energi juga menjadi pemicu sehingga penumpukan lemak di tubuh terjadi dengan mudah.
Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji juga memiliki andil yang cukup besar dalam peningkatan berat badan. Hal ini akan semakin parah jika Anda termasuk orang yang tidak memiliki banyak pilihan menu sehari-hari akibat padatnya rutinitas setiap hari, maka kemungkinan Anda akan mengalami ketidakseimbangan gizi.


Apabila hal ini terjadi pada Anda, maka kini saatnya memilih makanan untuk menurunkan berat badan. Metode ini bisa menjadi alternatif lain bagi Anda para kaum urban yang memang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan olahraga.

Sayuran Hijau

Sumber makanan nabati merupakan salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Apabila Anda ingin melakukan diet yang tinggi serat, maka sebaiknya konsumsilah sayuran hijau. Rutin mengkonsumsi sayuran hijau akan membantu untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang sehingga terhindar dari hasrat untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak.

Apel

Buah apel memiliki peranan yang luar biasa dalam menurunkan berat badan. Pasalnya, buah apel memiliki kandungan zat pektin yang bisa berfungsi untuk menyerap sisa-sisa lemak dan gula di dalam tubuh. Selain itu, zat pektin ini juga bisa memberikan sensasi kenyang pada Anda sehingga sangat membantu untuk mengurangi porsi makanan setiap hari.
Kacang-Kacangan
Sumber protein nabati yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengalami kegemukan adalah kacang-kacangan. Selain memiliki serat yang tinggi, kacang-kacangan juga bisa membantu Anda untuk merasa kenyang dalam waktu yang lama sehingga tidak cepat lapar.

Brokoli, Bayam, dan Asparagus

Diet yang dijalani oleh seseorang akan memaksanya untuk mengkonsumi makanan tertentu. Nah, makanan untuk menurunkan berat badan yang juga sebaiknya Anda masukkan ke dalam menu diet adalah brokoli, bayam, dan asparagus. Ketiga jenis sayur ini tidak akan tersimpan di dalam tubuh Anda sebagai lemak jahat, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi selama diet.

Susu Rendah Lemak

Saat kekurangan kalsium, maka secara otomatis sistem di dalam tubuh akan mengeluarkan sebuah senyawa yang disebut calctirol. Nah, senyawa inilah yang nantinya akan memicu terjadinya penyimpanan lemak jahat yang kemudian berujung pada meningkatnya berat badan Anda. Untuk itu, penuhilah kebutuhan kalsium Anda dengan memperbanyak konsumsi susu rendah lemak. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi produk olahan susu lainnya seperti yogurt ataupun keju yang juga memiliki kandungan kalsium tinggi.

***

Selain dengan memperhatikan asupan makanan Anda, sangat penting pula untuk memperhatikan pola hidup Anda. Bagaimanapun juga, olahraga memegang peranan penting dalam proses penurunan berat badan. Oleh karena itu, usahakanlah agar sebisa mungkin Anda menyempatkan untuk melakukan olahraga ringan.
Namun jika Anda memang masih belum memiliki waktu untuk berolahraga, maka mulailah program penurunan berat badan Anda dengan mengkonsumsi makanan untuk menurunkan berat badan di atas. Selamat mencoba.

Related Posts

0 comments: