Mengenal Hidroponik Portabel dan manfaatnya

shares

Teknik hidroponik menjadi tren yang sedang mengalami perkembangan pesat saat ini. Terutama untuk masyarakat perkotaan yang tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam. Hidroponik sendiri memiliki pengertian menanam tanaman budidaya tanpa menggunakan media tanah. Yang digunakan adalah media cair. Hidroponik portabel adalah teknik hidroponik yang di sederhanakan lagi dan lebih modern yang dipersembahkan untuk orang-orang yang tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk bertanam.




Mengapa disebut portabel? karena mudah untuk di bongkar pasang, dalam artian media tanam nya tidak permanen. Jika anda bosan di satu tempat, bisa dipindahkan ke tempat lain. Bisa dibayangkan betapa mengasyikannya memiliki hidrponik portabel.

Hidroponik portabel menjawab kerumitan yang di ciptakan oleh model hidroponik konvenional. Pada pertanian hidroponik biasa anda akan dihadapkan pada hamparan pipa-pipa saluran yang banyak dengan instalasi dimana-mana. Tentunya kerumitan tersebut tidak cocok jika diterapkan pada lahan sempit dan bagi anda yang bukan berprofesi sebagai petani hidroponik. Akan tetapi pada sistem hidroponik portabel, anda yang sebagai ibu rumah tangga, pekerja kantoranm dan lain-lain dapat menyalurkan hobi bertani andatanpa mengganggu aktivitas utama anda.


Manfaat Hidroponik Portabel

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, dengan memiliki hidroponik jenis ini, anda tidak akan dihadapkan pada instalasi yang rumit, peralatan-peralatan yang banyak dan mahal dan pengoperasian sehari-hari, serta perawatan kebun hidroponik yang kompleks. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan hidroponik portabel sebagai media penanaman


  1. Mudah dipindah dari lokasi ke lokasi lainnya sehingga orientasi portabilitas dan mobilitas bisa terpenuhi.
  2. Praktis, Bisa dijalankan secara mudah.
  3. Tidak membutuhkan teknologi mudah dan kompleks.
  4. Dapat dibuat ukuran kecil sehingga tidak terlalu memakan tempat.\
  5. Bersifat sederhana, ringan dalam proses tetapi memiliki nilai bobot kualitas.
  6. Membutuhkan waktu singkat dalam proses perakitan]
  7. Mudah digunakan sehingga pemakai tidak mengalami kesulitan ketika merakitnya


Bertanam secara hidroponik semakin berkembang menjadi prses budidaya tanaman yang sederhana dan juga  mudah dipraktekkan. Bertani Hidroponik menjadi kegiatan menarik, mengasyikan, dan menyenangkan. Selain itu, hasil panen dari pertaniannya menyehatkan terlebih sayuran yang dipetik dalam kondisi segar karena bebas pestisida dan obat-obatan
.
Dengan hidroponik portabel ini siapa pun bisa bercocok tanam di rumah. Dengan kreativitas, berbagai macam model portabel dapat dirakit sendiri. Anda bisa membeli starekit, satu paket instalasi hidroponik, atau membeli alat dan bahannya lalu membuat dan merakit sendiri. Alat yang dibutuhkan untuk membuat instalasi hidroponik portabel seperti Pipa PVC 3 inni (ukuran disesuaikan dengan kebutuhan), Pipa PVC 1 inci, Talang Air, Knee, dan Selang Plastik.

Pompa air dapat memanfaatkan pompa aquarium ikan hias. sedangkan boks dapat dibeli di toko plastik. Toh, bila tidak ada boks bekas dapat menggunakan ember plastik baru atau bekas wadah cat. Media tanam tray, dan netpot dapat dibeli di toko tanaman. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu seperti penggaris, pensil, cutter, gergaji dan gunting.

Elemen-elemen pembentuk hidroponik portabel dapat di bongkar pasang. Hal ini memudahkan anda ketika misalnya berpindah tempat tinggal atau repoisi tata letak rumah dan lain-lain

Related Posts

0 comments: