Menguak rahasia Rangking di Google

shares

Sebelumnya, terima kasih kepada anda semua yang mau datang ke blog saya.

Beberapa hari yang lalu saya pernah ditanya oleh salah seorang rekan kerja saya. Kebetulan saya selalu menyempatkan setiap harinya melakukan aktivitas blogging. Saking seriusnya ngblog, kadang sampai-sampai mencuri-curi waktu kerja saya. Enjoy aja deh, lagian mencuri waktu kerja gak bikin kita masuk penjara. Soalnya belum ada undang-undangnya.

Dia bertanya seperti ini, "Bagaimana sih cara google menentukan hasil pencariannya?"..Kebetulan saat itu saya hanya melakukan optimasi SEO dan promosi blog saja, jadi saya belum tahu soal yang satu ini. Saya pun mencari kesana kemari. Dan akhirnya merangkum semua yang saya dapat mulai dari artikel-artikel maupun ebook-ebook luar sono. Kemudian saya presentasikan ke teman saya itu:)

Sebenernya bagaimana sih, google menentukan urutan hasil pencariannya. Bagaimana pun juga, gk bisa dipungkiri lagi klo google punya algoritma canggih dalam sistem pencariannya. Google merupakan hasil disertasi dari pendirinya ketika akan mengambil s3 nya.

Google punya algoritma canggih dalam menentukan rangking sebuah website. Mereka menggunakan lebih dari 100 kriteria yang masing2 memberikan cara yang spesifik dan bisa berubah-ubah dalam waktu-waktu tertentu. Ini yang membuat google susah ditebak. Oleh karena algoritma yang berubah2 tersebut, teknik-teknik spesifik yang digunakan akan berubah sewaktu-waktu. Teknik satu mungkin akan memberikan hasil berbeda pada waktu yang lain.

Namun demikian, jangan putus asa dulu, algoritma google terdiri dari 2 garis besar.
1. Keyword(textual)factor.
Untuk hal ini, anda harus bisa menentukan keyword yang tepat untuk website anda. pemilihan keyword tidak boleh sembarangan, harus penuh perhitungan agar website kita mendapat rangking yang bagus di google. kita juga harus bisa menghubungkan antara 2 atau lebih content/artikel kita menggunakan keyword yang sama.

2. link factor
Dalam menentukan sebuah link, harus diperhitungkan kualitas dan kuantitas link dalam website kita. Terlalu banyak link juga tidak baik dimata algoritma google.

Walaupun google melihat ratusan kriteria yang berbeda dalam hal page rank, tapi ada 5 aspek penting yang harus kita ingat dan wajib kita terapkan agar mendapat rangking bagus di mesin pencari. 5 hal penting yang akan menentukan rangking website kita dimata google tersebut adalah:

1. Keyword yang digunakan di halaman title
2. Keyword yang digunakan di heading dan di paragraf awal halaman
3. Keyword yang digunakan di text link
4. Nilai Page rank halaman anda. Dalam hal ini, banyaknya link dari situs orang yang menuju situs anda.
5. Halaman atau konten anda minimal memiliki 150 keyword yang relevan terhadap isi konten bersangkutan maupun ke konten yang lainnya pada halaman yang berbeda.

Related Posts

0 comments: