Keracunan Kehamilan, Semua Ibu Hamil Beresiko Mengalaminya

shares

Keracunan kehamilan umumnya disebabkan karena tekanan darah tinggi atau hipertensi pada seorang ibu hamil dan biasanya keracunan kehamilan ini cenderung merujuk pada satu gangguan kesehatan saat hamil yang biasanya disebut dengan preeklampsia atau eklampsia pada istilah kedokteran. Keracunan kehamilan biasanya diawali dengan penyakit hipertensi sejak awal kehamilan berlangsung dan yang menjadikan penyakit ini disebut dengan keracunan kehamilan adalah karena penyakit ini hanya terjadi pada orang-orang yang sedang hamil saja.



Apabila ada seorang wanita hamil yang mengeluarkan busa dari mulutnya, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa wanita tersebut mengalami keracunan kehamilan dan harus mendapatkan perawatan pertolongan yang serius supaya tidak membahayakan janin serta ibu yang sedang mengandung tersebut.

Cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah keracunan kehamilan ini adalah sebagai berikut

Periksakan Diri

Supaya bisa mencegah tanda bahaya yang sedang terjadi pada saat masa kehamilan termasuk keracunan kehamilan apalagi saat masa kehamilan anda semakin tua, maka anda juga harus sering memeriksakan diri pada bidan terdekat atau dokter kandungan, supaya apabila anda memiliki penyakit keracunan kehamilan ini bisa segera diatasi


Mengontrol Berat Badan 

Yang mana biasanya para ibu hamil mengalami penambahan berat badan yang signifikan dan hal itu merupakan hal yang wajar. Tapi apabila kenaikan berat badan terjadi terlalu drastis itu bisa menjadi salah satu gejala awal kurang baik dari kehamilan yang anda alami. Kenaikan untuk berat badan ibu hamil biasanya berkisar antara 1 kilogram tiap bulannya pada saat usia kehamilan anda dibawah 20 minggu dan untuk seterusnya kenaikan berat badan biasanya terjadi 2 kg setiap bulan.

Kurangilah Resiko Penyebab Penyakit Keracunan Kehamilan 

Ini biasanya diakibatkan dari pola hidup yang kurang sehat serta juga mengkonsumsi makanan yang tidak baik. Agar darah tinggi Anda tidak terjadi, maka anda harus mengubah pola hidup supaya  lebih sehat seperti halnya melakukan olahraga untuk ibu hamil dan memakan makanan sehat seperti buah-buahan atau sayur hijau yang segar.


Gejala dari keracunan kehamilan di negara lain yaitu :

1. Rasa pusing
2. Pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki
3. Mata yang berkunang-kunang saat digunakan untuk melihat
4. Penglihatan yang kabur
5. Nyeri pada ulu hati
6. Sakit kepala yang sangat mengganggu

Apabila anda seorang ibu hamil mengalami gejala di atas, maka ada baiknya jika anda langsung memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan, karena ada kemungkinan Anda mengalami keracunan kehamilan.


Dokter akan melakukan pemeriksaan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar positif mengalami keracunan kehamilan atau tidak. Dan apabila anda telah positif mengalami keracunan kehamilan tersebut, maka cara yang paling tepat dan baik agar bisa menyelamatkan janin dan juga diri anda sendiri yaitu dengan melahirkan bayi Anda pada saat itu juga.

Namun apabila keracunan kehamilan ini terjadi pada wanita yang memiliki usia kehamilan masih sangat muda, solusinya yaitu dengan cara melakukan rawat jalan serta mengikuti petunjuk dokter yang menangani penyakit keracunan kehamilan anda. Rawat jalan bisa dilakukan hanya apabila penyakit keracunan kehamilan tersebut masih dalam kategori ringan atau sedang dan Apabila penyakit keracunan kehamilan pada ibu hamil sudah dalam kategori berat, maka ibu hamil harus dirawat intensif di rumah sakit supaya pengontrolan terhadap tekanan darah ibu hamil bisa dilakukan  dengan mudah dan  teratur.

Demikian artikel kami mengenai Keracunan Kehamilan, Semua Ibu Hamil Beresiko Mengalaminya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda terimakasih.

Related Posts

0 comments: