Mitos Penyebab Keguguran yang Tidak Benar, Anda Harus Tahu!

shares

Keguguran merupakan salah satu hal yang sangat menakutkan sekali bagi para ibu hamil, terutama ibu hamil yang sudah lama menantikan untuk menggendong buah hatinya. Ada berbagai macam penyebab yang bisa menjadi salah satu penyebab keguguran dan mati-matian dihindari oleh para ibu hamil karena mereka takut hal tersebut bisa benar-benar membuat mereka kehilangan bayi mereka.


Namun diantara penyebab yang bisa menjadi penyebab keguguran tersebut, pada beberapa penyebab keguguran yang sebenarnya itu hanyalah mitos belaka dan anda sebagai ibu hamil sebenarnya tidak perlu mempercayai mitos tersebut karena yang namanya mitos merupakan hal yang tidak bisa dipercaya karena tidak ada fakta yang sudah diakui dengan melakukan sebuah penilitian sungguhan.

Baca juga: Pengobatan kaknker payudara melalui terapi hormon

Dibawah ini  merupakan mitos-mitos penyebab keguguran yang tidak perlu Anda percaya :

• Mengkonsumsi Nanas Dapat Menyebabkan Keguguran

Mitos yang satu ini tidak terlalu dibenarkan, karena penelitian ilmiah  membuktikan bahwa kandungan senyawa yang terdapat didalam buah nanas yang bernama bromelin yang biasanya bisa digunakan untuk melunakkan daging sebenarnya tidak bisa melunakkan dan membuat resiko terlepasnya janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Hal itu karena kandungan bromelin yang terdapat pada buah nanas tidak terlalu banyak, namun konsumsi nanas selama hamil perlu dibatasi supaya bisa menghindari terjadinya keguguran akibat bromelin ini.


• Tambalan Gigi Ibu Hamil Harus Dilepas

Hal ini merupakan salah satu mitos karena tambalan gigi yang sekarang sudah tidak lagi menggunakan bahan dengan kandungan merkuri. Jadi apabila anda memiliki tambalan gigi, anda tidak perlu mengeluarkannya atau apabila anda sedang akan melakukan penambalan gigi saat Anda hamil, mintalah kepada dokter agar tidak melakukan penggunaan sinar-x ataupun obat yang memiliki kandungan adrenalin karena bisa beresiko terhadap kandungan anda.

• Ibu Hamil Tidak Boleh Memasak Menggunakan Microwave

Belum ada fakta mengenai ibu hamil yang sering mengolah makanannya menggunakan microwave memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami keguguran. Hal ini hanyalah sebuah mitos belaka yang dipicu oleh adanya isu di mana radiasi pada microwave bisa memicu masalah untuk perkembangan janin yang ada di perut ibu hamil dan beresiko untuk mengalami keguguran, namun sebenarnya hal tersebut hanya isu belaka dan tidak ada hasil riset nya.

• Berpergian dengan pesawat terbang dapat menyebabkan keguguran.

Mitos mengenai bepergian dengan pesawat terbang untuk ibu hamil yang bisa menyebabkan keguguran ini juga belum ada bukti ilmiahnya, karena menurut penelitian sampai sejauh ini bahwa tekanan udara yang ada di dalam kabin pesawat sangat aman bagi janin yang terdapat di dalam perut ibu hamil sehingga tidak akan menyebabkan  keguguran tersebut. Namun sebaiknya untuk Anda yang memiliki usia kehamilan memasuki bulan ke 9 tidak disarankan untuk anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat, serta  untuk Anda yang sedang hamil  diatas 3 bulan, Anda sebaiknya menggunakan stocking supaya menghindari terjadinya penggumpalan darah pada kaki anda serta juga Anda disarankan untuk tidak duduk secara terus-menerus saat menaiki pesawat dengan jarak yang jauh  lebih dari 4 jam.



Dan itulah artikel kami kali ini mengenai Mitos Penyebab Keguguran yang Tidak Benar, Anda Harus Tahu!.  Semoga setelah anda membaca artikel ini anda bisa lebih mengetahui mana yang fakta dan mana yang mitos mengenai keguguran ini.

Related Posts

0 comments: