Cara Daftar Internet Banking BRI

shares

Akhir-akhir ini penggunaan internet banking semakin digemari oleh para nasabah bank. Bagaimana tidak, kemudahan bertransaksi, separti cek saldo, transfer uang, bayar tagihan listrik, beli pulsa dan sebagainya dapat dilakukan secara praktis melalui browser. Tidak perlu datang jauh-jauh ke bank, mengantri dan isi ini isi itu.

Bagi saya pribadi, kemudahan yang ditawarkan internet banking begitu terasa manfaatnya. Hal ini dikarenakan bisnis yang saya geluti dibidang online shop dan beberapa bisnis online lainnya. Sehingga ketika token saya tidak bisa digunakan beberapa bulan yang lalu, rasanya seperti kehilangan nafsu makan :D

Dengan semakin meningkatnya penggunaan internet di indonesia, dan masyarakat indonesia yang semakin pandai peka teknologi dunia maya, Institusi bank di indonesia semakin berlomba meningkatkan kualitas pelayanannya, diantaranya dengan menyediakan fasilitas internet banking. Salah satu dari beberapa Bank di indonesia yang melebarkan sayapnya ke Internet bankin adalah Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Internet Banking BRI semakin memudahkan para nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi perbankan hanya dengan klik sana-sini. Nasabah BRI yang tersebar diseluruh pelosok tanah air, tidak hanya terpusat di kota-kota besar saja, menjadikan potensi penggunaan Internet Banking BRI akan semakin besar. Untuk menggunakan Fasilitas E-banking BRI, anda terlebih dahulu melakukan registrasi atau pendaftaran. Nah berikut ini adalah Cara Daftar Internet Banking BRI sesuai ketentuan dari Bank BRI

Cara Daftar INTERNET BANKING BRI

  1. Nasabah harus melakukan Registrasi di ATM BRI dan Registrasi di Kantor Cabang BRI/Kantor Cabang Pembantu BRI.
  2. Setelah itu anda akan mendapatkan User ID dan password. Jangan sampai dibuang atau hilang ya. karena di struk itu ada informasi penting yang nantinya anda gunakan untuk registrasi melalui internet.
  3. Registrasi di Kantor Cabang BRI/Kantor Cabang Pembantu BRI diperlukan agar nasabah dapat melakukan transaksi Finansial di Internet Banking BRI.
  4. Nasabah harus mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking yang dapat diperoleh di Kantor Cabang BRI/Kantor Cabang Pembantu BRI dengan menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
  5. Nasabah memiliki HP dan Nomor HP dari operator yang telah kerjasama dengan BRI (Telkomsel, Indosal, XL, Flexi, Esia dan Fren)
  6. Nasabah harus memiliki alamat E-mail.

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI
1. Pertama-tama Buka website http://ib.bri.co.id
2. Kemudian Klik menu "LOGIN"
3. Masukkan User ID (sesuai yang tercetak di bukti transaksi saat daftar via ATM)
4. Setelah itu Masukkan Password 6 digit yang anda masukkan saat daftar via ATM
5. Anda akan mendapatkan 4 digit angka acak, masukkan Angka tersebut yang tertera di layar login
6. Klik Enter pada keyboard anda
7. Anda dimintai persetujuan, klik "Setuju"
8. Anda diminta mengganti password 6 digit tadi
    (password harus 8 digit, terdiri dari kombinasi angka dan huruf)
9. Masukkan alamat email
10. Jika berhasil, maka nama anda akan muncul di layar
11. Berhasil! Sekarang Anda dapat mulai bertransaksi non financial (cek saldo)

Sampai disitu, Internet Banking BRI anda telah aktif. Beberapa fitur utama yang bisa dilakukan adalah cek saldo, melihat histori transaksi terbaru, cetak transaksi, dll.
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan adalah:
  1. Jangan sampai lupa ya Username dan password untuk login ke E-banking BRI. karena jika anda lupa, prosedurnya sedikit merepotkan. 
  2. Gunakan E-mail yang valid atau email utama anda.Beberapa kasus yang saya temui, banyak yang tidak memperhatikan betapa pentingnya email ini. Contohnya, lupa alamat email sendiri, lupa password email nya, dsb. Hal ini akan berakibat fatal, karena ketika suatu saat anda lupa username atau password login, recovery-nya akan dikirimkan melalui email yang terdaftar ketika pertama kali daftar internet banking BRI melalui ATM. Namun jika anda lupa email atau password email bukan berarti tamat sudah riwayat e-banking anda. Jalan terakhir yang bisa digunakan adalah menelpon customer service BRI pusat. Dan ini tentunya menghabiskan pulsa anda :D
Mungkin sedikit uraian singkat ini dapat membantu anda mengerti lebih banyakan mengenai cara daftar internet banking BRI. Untuk memperluas transaksi lain melalui ebanking ini, seperti transfer dana, bayar tagihan, dll anda bisa datang ke kantor bank BRI terdekat. Dan kemudian anda akan dipandu untuk mendapatkan mToken.

Related Posts

0 comments: